wordpress-cms-blog-paling-populer-saya-nafi-id

WordPress, CMS Blog Yang Paling Populer

WordPress, terkadang bagi kita yang awam tentang dunia blogging atau internet bakal bingung tentang WordPress ini, apalagi dengan istilah CMS (Content Management System). WordPress sendiri sudah dipakai sekitar 30% pengguna di seluruh dunia karena sistem yang mudah dipakai dengan perawatan yang mudah, CMS ini menjadi primadona kalangan blogger bahkan sekelas perusahaan.

WordPress ini dibangun menggunakan PHP dengan database MySQL dan tentunya hampir semua penyedia hosting, support untuk diinstal WordPress. Dengan berbagai kelebihannya, seperti kecepatan, performa, bahkan sampai kustomisasi yang tidak rumit membuat CMS ini bisa digunakan untuk apa saja. Contohnya untuk build Landing Page bahkan situs eCommerce menggunakan themes yang ada dan atau menggunakan Builder.

Dari segi tampilan dashboard yang simpel dan mudah digunakan ini anda bisa menulis artikel dengan mudah dan interakif sejak adanya fitur editor Gutenberg yang menyajikan cara menulis menggunakan block element.

tampilan-gutenberg-editor-wordpress-saya-nafi-id
Tampilan Gutenberg Plugin WordPress

Lahirnya WordPress

WordPress merupakan penerus dari b2/cafelog yang waktu itu dihentikan pengembangannya. Setelah itu Matt Mullenweg dengan Mike Little menuruskan pengembangannya dan rilis pertama kali pada tahun 2003 dan diberi nama ‘WordPress’ oleh Christine Selleck, teman dari Matt.

Dibangun secara terbuka (Open Source) menjadikan komunitas WordPress semakin berkembang pada tahun 2004 lalu. Dengan berbagai fitur didalamnya. Dikerjakan oleh komunitas tersebut secara suka rela dan secara remote. Namun ada juga acara resmi dari WordPress, yaitu WordCamp. Dimana berbagai developer atau user berkumpul bersama.

Komunitas di Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak komunitas WordPress secara regional bahkan nasional. Komunitas WordPress Indonesia ini menjadi wadah bagi pengguna WordPress untuk mengembangkan situs nya menggunakan CMS ini. Dimana pengurusnya juga merupakan expert development.

Saat ini untuk regional komunitas ada dikota besar seperti

Banyak juga forum yang membahas tentang WordPress, terutama di grup Facebook WordPress Indonesia. Anda bisa bertanya seputar WordPress, Hosting, Server dan Builder kekinian.

Jenis WordPress

WordPress sendiri memiliki 2 versi, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Mungkin sedikit membingungkan jika masih awam. Namun memang keduanya memiliki tujuan yang berbeda.

  1. WordPress.com
    Merupakan layanan Hosting yang menggunakan CMS WordPress didalamnya. Anda bisa mendaftar secara gratis namun dengan ketersediaan fitur yang terbatas dan hanya mendapatkan sub domain dari WordPress.com (contoh: nafi.wordpress.com).

    Tetapi anda juga bisa mengganti dengan custom domain milik anda dan upgrade paket yang ada di situs tersebut.
  2. WordPress.org
    Merupakan CMS yang bersifat open-source dimana anda bisa mengkustomisasi secara fleksibel. Sering juga disebut sebagai WordPress Self-Hosted. Dimana anda harus menyiapkan Domain dan Hosting untuk bisa menggunakan CMS ini.

    Hosting tersebut nantinya bisa diisi dengan menggunakan CMS WordPress yang bisa didownload secara gratis di situs resminya atau juga menggunakan fitur Auto Installer yang biasanya sudah disediakan oleh layanan hosting yang ada.

Sekian artikel kali ini tentang WordPress, tunggu artikel selanjutnya. Jika ada pertanyaan, anda bisa menghubungi saya di halaman kontak.

Jika bermanfaat, anda boleh membagikan artikel ini.
Terima kasih

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

2 Comments

  1. makasih info dan ilmu nya bg

Leave a Reply